Smart Mom

be smart, be wise..

Kolak Singkong ala Singkong Thailand July 31, 2015

Filed under: Refleksi — smartmom @ 1:39 am

image

Pagi pagi buka pintu rumah dan langsung merasa dapat berkah luar biasa. Suami menemukan kantong plastik berisi potongan singkong tersangkut di handel pintu. Saya baru ingat, bahwa Budi, teman saya, semalam telpon dan menawari singkong (saya pikir yang ditawari adalah pati singkong). Ibu Budi (kok saya merasa sedang belajar mengeja ya:)), membuat dan menjual keripik singkong, yang produksi setiap harinya mencapai 50 kg singkong mentah. Untuk usaha pribadi rumahan, cukup besar menurut saya. Nah, saat mengiris singkong untuk keripik pasti ada bagian pangkal yang tersisa. Sisa irisan inilah yang diantar Budi ke rumah saya. Karena sekalian berangkat kerja, jadi dia tidak mampir dan singkong ditinggalkan saja di handel pintu. Trims ya Bud.

Lalu, diapakan potongan singkong-singkong tersebut? Papa Damai minta digoreng untuk teman ngeteh, jadi sebagian kecil saya goreng. Saat sedang menggoreng, saya teringat dua hari yang lalu Damai minta dibuatkan singkong thailand, jadi sata putuskan membuat itu. Saat sedang merebys singkong, Damai rikues kuah yang banyak tapi kental (kuah banyak seperti kak tapi kental seperti singkong thailand), akhirnya saya putuskan membuatnya menjadi berkuah seperti kolak, tapi rasanya tetap singkong thailand.

Kalau singkong thailand disajikan terpisah antara singkong dan kuah santan kentalnya. Nanti saya tulis di bawah penjelasannya.

image

Singkong direbus dengan gula, garam, vanila dan daun pandan

Langkah pertama saya merebus semangkuk singkong mentah dengan 3air mangkuk air sehingga cukup merendamnya, ditambah 4 sdm gula, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt vanila cair dan daun pandan yang dipotong beberapa bagian. Singkong direbus hingga empuk dan seperti transparan.

Setelah singkong empuk, saya tuangkan santan kental 2 sdm, aduk rata, lalu masukkan larutan maizena (2 sdm maizena dilarutkan dengan 1/2 gelas air). Aduk sesekali, biarkan hingga mendidih lalu matikan api.

Bila ingin air lebih banyak, silakan tambahkan air dan gula secukupnya sebelum ditambahkan santan dan maizena.

Untuk membuat singkong thailand, singkong direbus dengan gula hingga empuk dan airnya menyusut. Lalu kuah santan kental dibuat terpisah. Santan, sedikit garam, larutan maizena dimasak hingga mengental dan matang, lalu disiramkan di atas singkong yang sudah ditata di piring saat penyajian.

Silakan coba sesuai selera:)

 

Leave a Reply

