Smart Mom

be smart, be wise..

Membuat Yogurt Rendah Lemak August 3, 2015

Filed under: healthy,resep — smartmom @ 6:02 pm
image

Yogurt rendah lemak

Bangun tidur pagi ini, langsung teringat pada termos berisi toples isi susu yang dicampur yogurt. Penasaran, kali ini mencoba memperbanyak yogurt dengan starter dari supermarket. Biasanya saya memperbanyak yogurt hasil ‘ternak’nya teman saya. Tapi yogurt terakhir saya sudah mati semua bakterinya alias rusak, jadi tidak bisa diperbanyak lagi. Teksturnya sangat encer dan terpisah air dan lemak susunya.

Apabila tidak membutuhkan yogurt yang rendah lemak, silakan gunakan susu pasteurisasi plain yang full cream. Bila sudah jadi yogurtnya, sisihkan 2 sdm di wadah bertutup rapat, untuk membuat yogurt berikutnya. Satu sendok pun cukup untuk membuat 1 liter yogurt.

Sekarang saya share caranya ya. Kebetulan saya butuh superfood ini dengan sesedikit mungkin lemak, dan sulit mencarinya di supermarket, jadi saya membuatnya dengan membeli plain yogurt ukuran paling kecil sebagai starter dan susu pasteurisasi tanpa lemak.

image

Nggak bermaksud iklan yaa... silakan pilih merek sesuai selera

(Note (edited): setelah yogurt jadi, saya baru sadar merek yogurt yang saya beli ada gulanya. Rasanya saya sudah periksa dengan teliti waktu membeli, ternyata ada yg meleset dari mata saya. Setelah jadi sih rasa manisnya nggak terasa, kalah dengan 1 liter susu. Biasanya saya beli merek yummy, itu plain, kemarin tidak ada stoknya.)

Selanjutnya saya rebus susu hingga hangat, jangan terlalu panas . Idealnya suhu 40 derajat celcius, tapi dikira-kira saja bisa kok. Inget suhu tubuh kalo pas demam tinggi? Kira2 sepanas itu:)

image

Rebus dengan api sedang

Setelah itu, masukkan susu hangat dan 2 sdm yogurt ke dalam toples kaca, lalu tutup rapat.

image

Masukkan toples ke dalam termos yang berisi air hangat, suhunya kira-kira sama dengan susu. Tutup dan biarkan hingga 8 jam. Setelah itu simpan di kulkas.

image
image

Bakteri yogurt berkembang biak di suhu hangat dan akan mengubah susu cair menjadi yogurt. Bila tak ada termos, silakan coba simpan toples di atas lemari es untuk mendapatkan temperatur yang cukup hangat.

image

Yogurt sudah jadi

image

Tutup rapat dan simpan di kulkas

Yogurt rendah lemak yang saya buat ini agak encer. Bila ingin kebih kental bisa tambahkan susu bubuk skim 1 atau 2 sendok makan saat mencampur susu dan yogurt. Saya belum pernah melakukannya. Dicoba saja ya, mana kekentalan yang lebih disukai.

Saya juga sudah mencoba membuat yogurt dengan susu UHT, bisa juga, cuma hasil akhirnya lebih encer.

Tidak sulit kan? Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

