Smart Mom

be smart, be wise..

Membuat Pennylane Brownies Dalam Cup Bersama Pijar August 11, 2015

Filed under: pijar,resep — smartmom @ 2:12 am

image

Kemarin tentu saja bukan kali pertama saya membuat resep brownis sohor ini. Namun terasa spesial karena saya membuatnya bersama anak-anak homeschooler yang tergabung dalam Pijar, wadah berkumpulnya keluarga homeschooler seputaran Tangerang Selatan.

image

Menimbang bahan

image

Memecahkan telur

image

Menuang adonan ke cup

Baking hanya salah satu dari banyak kegiatan yang dilakukan bersama di setiap hari Senin, dan kali ini acaranya adalah memanggang kue. Pilihan kue yang dipanggang adalah brownis dalam rupa mufin atau kue dalam cup.

Resep yang digunakan adalah Pennylane Brownis, yang saya kenal di awal 2007 ketika pertama kali mencoba-coba resep dan menjadi cikal bakal nama Dapur Kenari. Ketika kami (saya dan suami) memikirkan nama, saya sedang memotong kenari untuk membuat resep ini.

Resep ini mudah, sederhana dan hasilnya sangat enak. Tentu saja beberapa bahan perlu disesuaikan dengan lidah masing-masing, terutama penggunaan gula.

Inilah resep asli yang ada di buku NCC, 8 Cake dan Cookies Favorit, Step by Step dan Jurus-jurus Jitu.

Bahan:
4 butir telur
360 gr gula pasir
225 gr minyak goreng
60 gr bubuk coklat
210 gr terigu
1/3 sdt garam1 sdt vanili bubuk
120 gr kenari
85 gr chocolate chip

Saya mengubah sedikit menjadi seperti ini:

Bahan:
4 butir telur
350 gr gula pasir. Setelah matang menurut saya terlalu manis karena saya menggunakan coklat van houten, mungkin 325 gr pas. Selama ini saya menggunakan Java Dark, 350 gr tidak terlalu manis.
225 gr minyak goreng
60 gr bubuk coklat
210 gr terigu
1/3 sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gr kenari, saya lebih suka dicincang untuk isian dan utuh untuk topping
85 gr chocolate chip, saya tambahkan menjadi 100 gr, sebagian saya sisakan untuk topping.

Cara membuat:
1. Siapkan loyang mufin dan paper case, panaskan oven 180°C.
2. Campur coklat bubuk, terigu dan vanili bubuk, ayak, sisihkan.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
4. Kecilkan mikser, masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit hingga habis lalu masukkan minyak goreng dan terus kocok hingga rata saja. Di resep asli, tepung dan minyak goreng tidak dikocok dengan mikser namun diaduk satu persatu dengan spatula, namun saya selalu kesulitan karena adonannya berat dan ternyata menggunakan mikser tidak mengurangi rasa enak dan hasilnya sama saja, akhirnya saya terbiasa dengan mikser.
5. Masukkan kenari dan coklat cip, aduk rata.
6. Tuang ke dalam cup, panggang 35 menit. Silakan kenali oven masing-masing ya. Kemarin kami menggunakan oven listrik dan sekitar 1 jam baru matang.
7. Tes tusuk dengan tusuk gigi, bila sudah matang tusuk gigi keluar dengan sedikit crumble dan permukaan kue sudah kering.

Kami beruntung, bisa mendapatkan permukaan kue berupa lapisan seperti plastik, karena banyak yang mencoba resep ini tidak berhasil mendapatkannya. Saya pun mencoba resep ini berkali-kali dan ada kalanya tidak menghasilkan wujud permukaan yang sama.

Acara membuat kue ini sangat menyenangkan, baik untuk anak-anak maupun ibu-ibu yang mendampingi. Anak-anak belajar membaca resep, menimbang, memilah bahan, membuat adonan dan menuangkannya ke dalam cup. Proses memanggang menjadi waktu yang terasa sangat lama. Anak-anak bolak-balik mendekati oven dan bertanya kapan matang. Bel timer berbunyi dan anak-anak berlari mendekati oven, sayangnya waktu perlu ditambah. Anak-anak pun kembali melakukan aktivitas lain, bermain, membaca dan makan:)

Ketika saya panggil karena kue matang, wajah mereka sumringah dan tak sabar mencicipi, padahal masih panas.

Semoga pengalaman kemarin menyenangkan ya anak-anak. Kapan-kapan kita baking lagi jenis kue lainnya.

image

Keluarga Pijar

 

Leave a Reply

