Smart Mom

be smart, be wise..

Muffin Oatmeal August 14, 2015

Filed under: Dapur Kenari,resep — smartmom @ 9:58 am

image

Pagi tadi sebenarnya saya berencana sarapan oatmeal dan kismis disiram susu cair. Tapi tiba-tiba teringat kalau stok oat masih banyak, padahal kadaluarsanya adalah bulan Oktober. Seketika saya terbayang muffin hangat dan jari saya langsung bergerak browsing resep. Setiap kali membuat muffin, saya selalu terarah ke blognya Vania. Saya nggak kenal secara pribadi, tapi blognya selalu muncul di halaman muka mesin pencari bila saya pakai kata kunci oatmeal muffin. Vania rajin sekali posting resep resep yang praktis di blognya dan frekwensi posting muffin lumayan sering.

Setelah membaca sebentar, saya tahu bahwa resep kali ini bukan model aduk2 tepung, telor dan oat. Oat mesti direndam air panas dulu dan saya pakai mikser untuk mengocok butter dan gula. Sebentar sih kocoknya, sampai lembut rata aja.

Hasilnya sangat enak. Empuk dan lembab. Sore ini saya makan pun masih empuk. Rasanya bakal ngulang pakai resep ini kalau bikin oat muffin lagi. Oatnya terasa tapi lembut karena sudah direndam dulu sebelum masuk ke adonan.

Ini resepnya setelah saya sesuaikan dengan selera lidah dan bahan yang ada di rumah.

Bahan:
1 cup oatmeal dan 1 cup air panas, diaduk dan diamkan. Di resep tertulis 20 menit, tapi saya diamkan sebentar saja, sambil menyiapkna bahan lainnya, mungkin sekitar 5 menit.

115 gr mentega (di resep 1/2 cup, karena cup saya pakai untuk bahna kering, jadi mentega saya konversi ke gram, 115 gr)
190 gr gula pasir (resep asli menggunakan 11/2 cup gula palem, 1 cup itu 225 gr, bisa dibayangkan manisnya ya. Saya pakai 190 gram aja merasa masih kemanisan)
2 telur
1 sdt garam
1/2 sdt baking powder (resep asli menggunakan 1 sdt baking soda)
1/2 sdt vanili bubuk
1 cup tepung terigu
1/2 cup coklat cip

Cara membuat:
1. Kocok mentega(kalau dari kulkas sebaiknya dibiarkan dulu sampai lembek) dan gula sampai lembut.
2. Masukkan telur, kocok rata, lalu masukkan vanili dan garam
3. Masukkan terigu dan baking powder, aduk rata.
4. Masukkan oatmeal, aduk rata lalu tambah coklat cip.
5. Tuang ke loyang yang sudah diberi paper cup, panggang dengan suhu 190 °C selama 25-30 menit.

Makan muffin dengan kopi pahit, hmmm… yummy!

image

 

Leave a Reply

