Smart Mom

be smart, be wise..

Cake Tape Keju August 24, 2015

Filed under: resep — smartmom @ 3:47 pm
Tags: ,

image

Punya tape setengah kilo di kulkas. Saya berencana membuat kukis tape, tapi resep yang pernah saya pakai nggak ketemu. Mungkin menghilang bersama blog multiply saya. Akhirnya saya browsing resep cake tape dan memilih dari hasil pencarian yang paliing atas. Resepnya mbak Ricke di sini.

Resep asli menggunakan 5 butir telur, untuk 1/2 resep saya pakai 3 butir telur yang agak kecil. Tentu saja saya tahu resikonya bahwa kue bisa jadi sangat lembut atau rapuh ketika matang. Tapi ternyata hasilnya oke. Lembut namun tidak rapuh.

Acara minum kopi bareng suami menjadi lebih asyik karena ditemani bolu tape nan legit ini.

image

Saya hanya membuat 1/2 resep, dengan modifikasi beberapa takaran. Ini resep yang saya buat.

Bahan:
150 gr tape, haluskan dengan 1 sdm susu ental manis sisihkan.
50 gr margarin dan 25 gr minyak sayur, lelehkan.
80 r terigu, 20 gr maizena, ayak.
3 butir telur
90 gr gula pasir, masih terlalu manis untuk saya, harusnya 75 gr cukup
1/2 sdt emulsifier
1/2sdt garam
25 gr keju parut untuk adonan dan 25 gr untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula, garam, emulsifier sampai kental dan putih
2. Masukkan tape. Saya selalu menggunakan mikser speed paling rendah
3. Masukkan margarin dan mintak, aduk rata.
4. Masukkan terigu dan maizena, aduk rata.
5. Masukkan keju parut, aduk rata.
6. Tuang di loyang tulban 20 cm, taburi keju parut lalu panggang dengan suhu 170 derajat selama 30 menit.

Hasilnya sangat lembut meski tidak pakai mentega. Terima kasih untuk mbak Ricke yang sudah berbagi resep.

Silakan coba:)

 

One Response to “Cake Tape Keju”

  1. santrigaul Says:

    Oke banget resepnya, boleh minta ya resepnya buat dicoba dirumah nanti😀


Leave a Reply

