Smart Mom

be smart, be wise..

Contoh Jadwal MPASI August 25, 2015

Filed under: feeding,healthy,MPASI — smartmom @ 9:09 am
Tags: ,

Sekitar dua tahun lalu saya membantu teman untuk membuatkan jadwal MPASI anaknya dan membuat tulisan singkat (banget) di sini tentang hal-hal utama yang perlu diketahui tentang makanan pendanping ASI. Ternyata saat ini teman lain membutuhkannya. Mumpung ketemu, saya share di sini, siapa tahu berguna untuk yang mau mulai MPASI. Saya membuatnya berdasarkan yang saya pelajari dari panduan MPASI WHO. Sebenarnya simpel saja, WHO menyarankan bahan makanan lokal bervariasi yang biasa dikonsumsi keluarga untuk diberikan pada bayi. Tentu saja dengan tekstur yang lembut.

Saya tidak mencantumkan soal tekstur dan konsistensi makanan di jadwal ini, silakan mampir ke posting soal baby N untuk foto tekstur dan konsistensi makanan di awal MPASI

image

image

image

Tulisan tabel makanan yang diperkenalkan seharusnya tidak ada di lembaran ini, melainkan lembar tersendiri.

Di gambar terakhir bagian bawah ada tulisan tabel makanan yang diperkenalkan. Tulisan itu seharusnya menjadi judul tabel yang belum sempat saya capture. Saya selalu menyarankan ibu untuk memiliki catatan makanan apa saja yang diperkenalkan pada bayi beserta respon dan reaksinya. Catatan ini sangat berguna menurut saya, selain menjadi catatan makanan apa yang menimbulkan reaksi alergi, manakala ibu bertemu dengan fase bayi susah makan, ibu bisa membuat variasi dan olahan berdasarkan catatan ini, makanan apa yang sempat membuat bayi sangat berminat.

Tulisan yang ditebalkan adalah makanan yang baru diperkenalkan. Saya membuat 3 hari pengenalan makanan baru. Alasan pertama adalah untuk lebih mengenalkan rasa, yang mana seringkali pertama diperkenalkan masih menolak, tapi mulai mau di pengenalan berikutnya. Alasan lainnya adalah untuk mempermudah mendeteksi bila ada reaksi alergi. Untuk makanan-makanan yang minim resiko alergi, cara ini bisa saja diskip. Silakan ibu menentukan bagaimana yang paling nyaman.

Jadwal di atas hanya singkat dan awal saja, silakan lanjutkan dengan variasi yang sehat dan menarik.

 

Leave a Reply

