Smart Mom

be smart, be wise..

Kukis Tape Singkong August 25, 2015

Filed under: Dapur Kenari,resep — smartmom @ 2:47 pm
Tags: ,

image

Beberapa tahun lalu, saya lupa tepatnya, saya pernah membuat kukis tape yang rasanya enak banget, bikin nggak bisa berhenti makan. Sayangnya saya lupa resepnya seperti apa dan tidak menemukan di blog-blog saya. Saya pun googling dengan kata kunci kue kering tape dan menemukan resep ini di www.sajiansedap.com.

Resepnya nampak ekonomis dan semua bahan ada di rumah, jadi langsung saya eksekusi. Hasilnya agak berbeda dengan yang saya bayangkan, tapi enak kok. Damai dan papanya bilang enak banget. Teman Damai yang sejak pemanggangan berkali-kali bilang baunya enak banget pun bilang rasanya enak. Senanglah saya, berhasil menyelesaikan niat yang batal dilakukan kemarin.

Saya share resepnya ya…

Bahan:
175 gr margarin. Saya pakai full margarin, hasilnya enak. Tapi saya yakin kalau separuhnya saya ganti mentega akan lebih enak rasanya.
75 gr gula halus, saya pakai 60 gr
75 gr tape singkong, haluskan dengan sendok
1 kuning telur, saya malas memisahkan jadi saya masukkan semua kuning dan putih, telor ukuran kecil. Jangan ditiru ya kemalasan saya. Karena pakai putih telur, saya jadi ngarang menambahkan terigu agar tidak terlalu lembek, dan deg-degan selama manggang, takut hasil akhirnya nggak bisa kering di tengah.
225 gr terigu, saya pakai 250 gr
30 gr maizena
20 gr susu bubuk
75 gr coklat cip
Resep asli menggunakan 1/2 sdt baking powder, saya skip itu.

Cara membuat:
1. Kocok margarin dan gula halus sampai lembut, kurang lebih 1 menit dengan speed tinggi.
2. Masukkan tape singkong, kocok hingga rata.
3. Masukkan kuning telur, kocok rata.
4. Masukkan terigu, maizena dan susu yang sudah diayak sebelumnya, aduk rata.
5. Masukkan coklat cip, aduk rata.
6. Cetak sesuai selera, panggang selama kurang lebih 25 menit atau sampai kecoklatan, dalam oven yang sudah dipanaskan hingga suhu 140 derajat.

image

Kukis sebelum dipanggang

Kukis ini hasil akhirnya renyah, tapi pasti akan lebih renyah kalau pakai baking powder. Pastikan adonan tidak terlalu banyak terkena telapak tangan agak panasnya tangan tidak mempengaruhi adonan. Biasanya hasil akhirnya menjadi keras kalau terlalu banyak kena tangan. Kukis akan lebih renyah dan awet bila terigu disangrai dan didinginkan terlebih dahulu.

Nggak sulit kan ya? Selamat mencoba.

 

5 Responses to “Kukis Tape Singkong”

  1. hmm.. lezat.. boleh dicoba nih resepnya! thanks

    manfaat bekicot

  2. smartmom Says:

    Sama2. Selamat mencoba.

  3. sehatisme Says:

    ngeliatnya aja udah ngiler😀

  4. ngler gw nglihatnya. pngen dah bsa bkin sndiri kya gtu

  5. Cara Membuat Says:

    Menarik ni.. boleh dicoba di rumah.. he yamyam


Leave a Reply

