Smart Mom

be smart, be wise..

Roti Panggang Ala Lasagna September 3, 2015

Filed under: resep — smartmom @ 4:11 am
Tags: , , , ,

image

Masih urusan manfaatin roti. Ya, saya salah, beli roti tawar menjelang akhir pekan, dimana biasanya mbah suka kirim makanan atau kami yang jalan-jalan ke sana. Jadi roti yang saya beli hari jumat, masih utuh sampai tadi pagi. Karena sudah tahu roti ini tidak akan tersentuh, sejak hari minggu roti saya masukkan kulkas, dan tadi pagi menguatkan niat mengolahnya jadi lasagna ala ala🙂 Walaupun lasagna palsu, rasanya enak banget.

Bangun agak kesiangan tadi pagi, langsung ngacir ke pasar naik sepeda untuk membeli bahan dan bumbu. Yang saya beli tadi adalah bombay, saus spageti, tomat dan daging.
Untuk lebih ekonomis saya tidak menggunakan daging sapi melainkan daging ayam giling. Tentu saja tanpa mozarella karena tak ada di pasar.

Sampai rumah, langsung eksekusi.

Bahan:
Roti tawar secukupnya, saya pakai 9 lembar. Jadi tetap masih sisa 1 lembar yang tidak terpakai dari satu bungkus roti tawar gandum yang saya punya.
250 gr ayam giling

Bahan saus merah:
2 sdm margarin
3 siung bawang putih besar, cincang halus
1 buah bombay besar, potong kotak-kotak kecil
3 buah tomat besar, rebus, kupas kulitnya dan cincang
3 sdm saus tomat
4 sdm saus spageti
1/2 sdt oregano
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Bahan saus putih:
2 sdm margarin
3 sdm havermut (bisa pakai terigu kalau kurang kental. Larutkan terigu dalam susu cair terlebih dahulu agar tidak menggumpal)
500 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
50 gr keju parut

4 lembar keju lembaran

Cara membuat:

Saus merah:
1. Panaskan margarin, lalu tumis bawang putih dan bombay hingga harum dan layu
2. Masukkan daging, aduk aduk sampai berubah warna
3. Masukkan semua bahan saus merah, aduk dan masak hingga matang.

Saus putih:
1. Panaskan margarin hingga mencair, lalu masukkan susu cair.
2. Masukkan havermut, garam, merica dan keju, masak hingga mengental dan mendidih.

Penyelesaian
Tata roti di pinggan tahan panas, beri saus merah, lalu saus putih di atasnya, tutup lagi dengan roti, saus merah, saus putih dan seterusnya sampai habis. Paling atas adalah saus putih. Kalau punya mozarella beri mozarella juga di atasnya.

Keju lembaran saya pakai di atas saus merah di lapis kedua karena saya menginginkan saus putih yang lebih banyak di paling atas.

image

Panggang selama 30 menit di suhu 150 derajat celcius.

Selamat mencoba ya. Yakin deh, nggak bisa berhenti makan🙂

 

3 Responses to “Roti Panggang Ala Lasagna”

  1. dewi Says:

    makasih kak. oh iya, mau kasih saran, supaya lebih menarik, kalau bisa besok2 ditambah gambar.. hehe😀

  2. dewi Says:

    eh, maaf baru muncul gambarnya.. ternyata internet saya yang lemot ^^v

  3. smartmom Says:

    Lebih ok pake step by step sih mestinya ya. Cuma kadang lupa, udah mateng baru kepikir buat upload. Makasih yaa…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s